Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir

Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir – Sebuah kendaraan terendam banjir di Semente dekat Lanchang, Negara Bagian Pahang, Malaysia (06/01/2021). Hujan deras mengguyur sebagian wilayah Malaysia, mendorong evakuasi ribuan orang di negara bagian selatan Johor dan di sepanjang bagian jalan raya pantai timur di Pahang. (AFP/Mohd Rasfan)

, Jakarta Saat membeli mobil bekas, jangan langsung tergiur dengan harga murah. Sebab, mobil tersebut bisa saja mengalami masalah yang bisa membuat Anda mengeluarkan banyak uang di kemudian hari.

Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir

Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir

Banjir menjadi salah satu permasalahan yang dapat menyebabkan harga jual properti bekas turun drastis. Pasalnya, banjir dapat merusak berbagai bagian kendaraan. Jika hal ini terjadi, maka banyak biaya layanan yang mungkin tidak dikenakan.

Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir Yang Wajib Diketahui

Ada juga beberapa ciri kendaraan yang kebanjiran yang seringkali tidak terlihat dengan mata telanjang. Meski demikian, bukan berarti tidak mungkin mengetahui ciri-ciri mobil yang kebanjiran. Namun, Anda harus hati-hati mengetahui ciri-ciri kendaraan yang terendam banjir.

Biasanya, meski sudah berusaha membersihkannya semaksimal mungkin, tanda-tanda mobil kebanjiran masih terlihat di banyak tempat. Salah satu ciri mobil yang kebanjiran paling kentara adalah interiornya. Pasalnya, bahan yang digunakan pada interior mobil biasanya memiliki daya serap tinggi. Hal ini menandakan beberapa bagian memiliki tanda-tanda lembab, seperti jok mobil atau atap kabin.

Oleh karena itu, agar tidak salah dalam memilih mobil, berikut ini ciri-ciri mobil bekas banjir yang dirangkum dari berbagai sumber yang tentunya harus Anda ketahui agar tidak merugikan diri sendiri saat ingin membeli mobil bekas. (22.02.2021).

Tanda pertama mobil terendam adalah barang elektronik. Pasalnya, semua jenis peralatan elektronik sangat rentan terhadap air, seperti komponen kelistrikan pada mobil. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memeriksa seluruh fungsi perangkat elektronik, mulai dari lampu, audio, AC, wiper kaca depan, dan perangkat elektronik lainnya. Jangan lupa untuk memastikan semua perangkat berfungsi dengan baik.

Awas Kejebak Beli Mobil Bekas Banjir, Gampang Kok Kenali Ciri Cirinya

Terakhir, pastikan juga lampu indikator EPS (Electric Power Steering) di dashboard tidak menyala. Lagipula, EPS merupakan salah satu komponen kelistrikan yang bisa rusak jika mobil terendam banjir.

Meski sudah dibersihkan sebaik mungkin, tanda-tanda mobil kebanjiran masih terlihat. Ada beberapa bagian yang sering diabaikan oleh penjual mobil bekas. Oleh karena itu, Anda sebagai calon pembeli sebaiknya berhati-hati di setiap sudut interior terhadap kemungkinan adanya endapan kotoran atau lumpur yang tidak wajar.

Pasalnya, banjir yang masuk ke kabin mobil kotor keluar dari air. Periksa tempat-tempat seperti ventilasi panggangan AC, sudut panel, kabel di belakang dashboard, penutup speaker, bagian samping dan rel jok mobil.

Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir

Jika banjir sudah masuk ke bagian interior mobil, selain kotoran, ciri-ciri mobil kebanjiran selanjutnya adalah bau tak sedap yang keluar dari dalam kabin. Nyatanya, bau ini sulit dihilangkan. Mungkin lebih mudah mengenali ciri-ciri mobil yang kebanjiran.

Cara Mudah Deteksi Mobil Bekas Yang Terkena Banjir

Ciri umum mobil kebanjiran adalah oli mesin mobil tercampur air. Jadi periksalah warna oli mesin, jika warnanya coklat muda mungkin menandakan mesin kebanjiran.

Anda tidak hanya harus memperhatikan warna oli, tetapi juga suara mesin mobil. Pasalnya, suara mesin mobil yang belum diperbaiki pasca banjir terdengar lebih nyaring dari biasanya.

Ciri-ciri mobil yang kebanjiran lainnya adalah adanya tanda-tanda karat. Coba perhatikan sekrup rem tangan. Jika bagian tersebut basah atau berkarat, kemungkinan besar mobil akan terendam banjir. Untuk melihat kondisinya dengan jelas, Anda bisa memeriksanya dengan cermat hingga ke bempernya.

Periksa riwayat layanan bengkel. Hitung jarak perawatan mobil yang dekat dengan banjir di tempat mobil itu berada. Jangan lupa untuk meninjau kembali klaim asuransi mobil Anda. Hal ini bisa menjadi dasar untuk mengetahui apakah kendaraan terendam air atau tidak.

Pahami 9 Ciri Mobkas Kebanjiran Sebelum Anda Rugi!

Ada beberapa daerah rawan banjir di Indonesia. Jika demikian, ada baiknya periksa asal mobil tersebut. Jika kawasan tempat mobil berada rawan banjir, pikirkan dua kali sebelum membelinya.

Ciri-ciri kendaraan yang kebanjiran ini seringkali diabaikan oleh calon pembeli. Sebenarnya ciri-ciri mobil kebanjiran ini adalah yang paling umum terjadi. Oleh karena itu, untuk menghindari keraguan tersebut, cobalah mencari informasi mengenai harga pasaran mobil yang ingin Anda beli.

Dengan memahami berbagai ciri-ciri mobil bekas kebanjiran di atas, setidaknya Anda terhindar dari pemborosan uang untuk membeli mobil yang tidak sesuai peruntukannya.

Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir

* Benar atau bohong? Untuk mengecek kebenaran informasi yang beredar, kirimkan WhatsApp ke nomor cek fakta 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Mobil Di Parkiran Bawah Tanah Di India Ini Terendam Banjir Besar!

Mengetahui karakter pembelot Korea Utara Song Joong-ki dan Choi Seong-yeon, nama saya adalah ahli penembak Loh Ki-wan.

Soal penundaan BRI Liga 1, Bos Persebaya: Eric Tohir ingin membawa Indonesia ke level yang belum pernah mereka capai

Hasil BRI Liga 1: Ilija Spasojevic mencetak penalti di masa tambahan waktu, 10 Bali United Pacific Persia Jakarta Dampak banjir terhadap kerusakan mobil begitu parah hingga harga mobil anjlok. Banyak orang yang ragu membeli mobil seperti itu karena biaya perawatannya yang terlalu mahal. Namun sob perlu diingat bahwa tidak semua mobil bekas banjir dijual dengan harga murah. Untuk menghindari kecurigaan calon pembeli, dealer mobil bisa memberi harga mobil murah yang membanjiri pasar. Mereka tidak memberi tahu calon pembeli tentang kondisi sebenarnya mobil tersebut.

Jika tidak hati-hati, Anda bisa mendapatkan mobil yang kebanjiran dengan harga normal. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pengecekan kondisi mobil secara detail. Bahkan saat membeli mobil secara online, penting untuk melihat kondisi fisiknya terlebih dahulu sebelum menandatangani kontrak penjualan. Di bawah ini beberapa tanda mobil kebanjiran yang patut diwaspadai.

Cara Melihat Mobil Bekas Terendam Banjir

Biasanya mobil yang terendam banjir banyak terdapat karat, terutama pada bagian bawah mobil yang terbuat dari bahan metal dan tidak memiliki lapisan pelindung. Periksa kolong mobil dan periksa apakah ada karat di bawahnya, terutama rem tromol. Biasanya mobil dalam kondisi baik tidak banyak menunjukkan karat, begitu pula dengan mobil yang sudah berumur puluhan tahun. Oleh karena itu, jika Anda melihat banyak karat, kemungkinan besar mobil tersebut sudah lama terendam air.

Tanda lain mobil bekas murah kebanjiran adalah tercium bau tak sedap saat melihat bagian dalam mobil. Bisa saja penjualnya menipu dengan membersihkan mobil dan menggunakan deodoran. Oleh karena itu, bagian lain seperti jok dan terutama alas alas harus diperiksa.

Kotoran yang terbawa air banjir biasanya masih tertinggal di bagian dalam kendaraan. Kursi yang basah kuyup sulit diperbaiki, begitu pula penutup lantai. Cari tahu apakah joknya kotor atau baru saja diganti. Jika baru diganti, tanyakan alasannya kepada penjual. Perhatikan juga bagian bawah karpet. Kalau kena banjir, mungkin ada kontaminasi di sela-sela dinding atau di bawah karpet.

Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir

Fungsi elektronik menjadi salah satu bagian yang paling rentan ketika terendam banjir. Periksa apakah semua fungsi dan kabel berfungsi dengan baik. Tak jarang mobil murah kebanjiran dilengkapi dengan perangkat elektronik baru. Meski barang elektroniknya bagus, namun jangan langsung merasa perlu membeli mobil ini karena kerusakan akibat banjir pada bagian mobil lainnya.

Tip Agar Tak Tertipu Beli Mobil Bekas Banjir

Air banjir tidak mudah merusak kaca dan lampu, apalagi jika air banjir tersebut tidak mempunyai arus yang kuat. Setelah banjir mengering, kaca dan lampu bisa dibersihkan dan dibiarkan apa adanya. Namun hati-hati jika kaca dan bagian dalam lampu berkabut. Jika ada embun di sana, kemungkinan besar mobil terendam banjir.

Tanda-tanda kendaraan terendam banjir susulan dapat dilihat pada karet-karet yang ada di dalam kendaraan, seperti pada pintu atau bagasi. Pada mobil yang kebanjiran biasanya karetnya kotor, terutama pada bagian interior. Teman-teman akan melihat dengan jelas jika Anda melepasnya dari karetnya.

Selain tanda fisiknya, coba cari tahu seperti apa riwayat servis mobil yang Anda beli. Riwayat servis ini juga dapat digunakan untuk mengetahui masalah apa saja yang dialami mobil. Jika kondisi mobil tidak sesuai dengan yang tertulis pada servis terakhir, tanyakan alasannya kepada penjual.

Jika Anda membeli mobil bekas, perhatikan juga alamat pemilik mobil yang biasanya tertera di STNK. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah kendaraan berada di kawasan rawan banjir. Meski belum ada tanda pasti, namun kendaraan di kawasan rawan banjir lebih besar kemungkinannya terendam.

Cara Dan Trik Beli Mobil Bekas Supaya Terhindar Dari Tipuan

Inilah tanda-tanda mobil murah kebanjiran yang harus diperhatikan saat memeriksa mobil yang ingin Anda beli. Jika kamu memang belum paham dengan kondisi mobil, carilah orang lain yang benar-benar paham dengan industri mobil untuk membantumu mengetahui valuasinya gaes.

Jadi bagi yang tinggal di daerah rawan banjir dan ingin membeli mobil bekas banget, disinilah tempatnya. Karena; Karena bisa dijamin mobil Anda tidak akan terendam banjir. Selain itu, ada yang namanya “Mobil Pilihan”, dimana mobil masih muda, memiliki jarak tempuh yang rendah dan telah melewati masa pemeriksaan di ratusan pos pemeriksaan. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi mobil Anda meskipun sudah bekas. Apakah ini menarik? Lihat Mobil Sederhana: Membeli mobil bekas menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin berhemat. Namun, saya ingin memiliki mobil sendiri. Harga mobil lama dua kali lipat lebih mahal dari harga mobil baru. Namun tentu saja harganya lebih murah. Membeli mobil bekas memiliki banyak risiko, termasuk performanya

Cara mengetahui mobil bekas banjir, lelang mobil bekas banjir jakarta, jual mobil bekas banjir, harga mobil bekas banjir, jual beli mobil bekas banjir, cara mengecek mobil bekas banjir, mobil bekas banjir, mobil bekas banjir dijual murah, ciri mobil bekas banjir, cek mobil bekas banjir, beli mobil bekas banjir, cara cek mobil bekas banjir

Artikel Terkait

Leave a Comment