Harga Mobil Jimny Jangkrik Kanvas

Harga Mobil Jimny Jangkrik Kanvas – Suzuki Katana merupakan jeep kecil yang laris manis di Indonesia dibandingkan jeep lain yang ada di sini. Saking populernya, pada tahun 90an sebagian besar sekolah mengemudi mengandalkan Suzuki Katana untuk melatih pesertanya. Mungkin alasan mengapa Suzuki Katana begitu populer adalah karena dulu pilihan city car besar tidak banyak atau bahkan tidak ada. Selain ukurannya yang kecil, Katana juga diminati karena harganya yang lebih murah dibandingkan jeep lain yang ada di pasar mobil Indonesia.

Jeep generasi pertama dari Suzuki pertama kali diperkenalkan di Indonesia “efektif” pada tahun 1978 dengan kode LJ50. Di Jepang, model ini dikenal juga dengan nama Jimny 55 karena mesin generasi 1n dan ukurannya lebih besar dibandingkan mobil Jimny Key di Jepang. Namun tidak menutup kemungkinan Jimny lama bisa menjadi versi ekspor (kode LJ) dan versi mobil kunci (kode SJ) di Indonesia.

Harga Mobil Jimny Jangkrik Kanvas

Harga Mobil Jimny Jangkrik Kanvas

Keunikan mobil ini adalah menggunakan atap kanvas dan mesin 2 tak 3 silinder 550 cc mirip mesin Suzuki Truntung. Suzuki Jimny generasi pertama ini sebelumnya hanya digunakan oleh perusahaan pertambangan nikel di wilayah Soroko di Pulau Sulawesi. Selain sebagai kendaraan kerja perusahaan pertambangan, kendaraan ini juga digunakan sebagai kendaraan kerja kepolisian di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Karena setidaknya dua dari perusahaan ini menggunakan LJ50 dan baru diproduksi pada tahun 1978, tidak mengherankan jika populasi mobil tersebut sangat kecil.

Suzuki Jimny Sierra Mirip Hotwheels, Warna Mencolok, Injeksi Ganti Karbu

Baru pada tahun 1979 Indohero Suzuki memperkenalkan Suzuki Jimny ke publik dengan nomor LJ80. Di Indonesia mobil ini dikenal juga dengan nama Jimny Zangkrik atau Jimny Kotrik. Dari segi gambar, mobil ini masih menyerupai Jimny LJ50, mesin yang digunakan adalah mesin 4-tak 4 silinder 800cc dan hanya tersedia dengan opsional atap logam treble alias atap datar.

Pada tahun 1982, Suzuki memperkenalkan model kedua Jimny dengan nomor SJ410 (ada juga yang menggunakan nomor SJ413 sebagai berikut). Suzuki Jimny memiliki banyak fitur berbeda tidak seperti Jimny Kotric. Jimny ini hanya dijual sampai sekitar tahun 1988, dan mulai tahun 1993 hanya tersedia dalam pesanan khusus, mirip dengan Suzuki Katana, dengan tambahan gardan depan. Versi mirip katana ini kemudian diberi nama Jimny Katana. Di bawah ini adalah beberapa tipe Suzuki Jimny yang tersedia di Indonesia.

Setelah era Jimny Jungkreek berakhir pada tahun 1981, Suzuki menghadirkan makeover pada Suzuki Jimny dengan model baru yang lebih besar dan boxy dibandingkan mobil-mobil era tahun 80-an. Jimny ini bercirikan atap yang pendek, sehingga orang dengan tinggi badan di atas 170 cm akan merasa sangat nyaman berada di dalam mobil ini. Karena atapnya yang pendek, orang-orang akhirnya menyebut Jimny versi ini dengan sebutan Jimny Treps. Jimny Trapps muncul antara tahun 1981 dan 1983.

Mungkin karena kepala Suzuki Jimny dinilai terlalu sempit, muncullah versi setengah atap pada tahun 1984. Atap parsial ini bukan berarti atap mobil hanya setengah tertutup dan setengah berlubang, melainkan tinggi atapnya lebih tinggi dari Jimny Treps, namun lebih rendah dari tinggi atap Suzuki Katana. Jimny semi beratap ini muncul antara tahun 1984 hingga 1988.

Suzuki Jimny Terbaru Rilis 2024 Di Indonesia, Begini Sejarahnya

Selain mesin, perbedaan lainnya terletak pada bodinya, dimana Sierra memiliki ikat kepala tengah atau targa dengan atap fiberglass/kanvas. Awalnya hanya ada atap fiberglass, namun kemudian ada atap kanvas opsional. Kaca depan Sierra juga bisa dilipat karena memiliki engsel. Karena atap belakang terbuat dari fiberglass, pintu belakang Sierra juga unik, dengan kaca terbuka ke atas seperti hatchback, namun pintunya dipasang di samping seperti biasa. Bagian belakangnya sendiri terbagi menjadi 2, kaca yang lebih sempit yang muncul antara tahun 1983 dan 1984 dan kaca yang lebih lebar dari tahun 1984 dan 1985. Versi kaca sempit ini lebih murah dibandingkan kaca lebar. Jimny Sierra untuk publik juga jarang ditemukan karena bisa dibilang merupakan Jimny edisi terbatas di Indonesia.

Berbeda dengan Jimny sebelumnya, Jimny Samurai mengusung mesin Suzuki G13 berkapasitas 1300cc. Dari segi tenaga, Jimny Samurai pasti memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan mesin F10A milik Katana. Dalam gambar, Jimny Samurai tampak seperti Jimny Treps. Karena Jimny Samurai lebih fokus pada pasar Barat seperti Amerika Utara dan Australia, Jimny Samurai jarang tersedia di Indonesia.

Di tahun baru, Suzuki meluncurkan Jimny yang diberi nama Suzuki Jimny Caribbean. Ciri khas Karibia ini adalah bentuknya yang menyerupai dua kabin tunggu dengan kabin belakang kecil. Sasisnya sendiri menggunakan sasis yang lebih panjang sehingga double cab terlihat sporty dan proporsional. Mesin yang digunakan Karibia ini sama dengan Jimny Samurai dengan mesin Suzuki G13 1300cc. Jimny ini merupakan salah satu Jimny termuda di Indonesia karena diimpor sebagai CBU dari Thailand antara tahun 2005 hingga 2007.

Harga Mobil Jimny Jangkrik Kanvas

Pada tahun 80an, pemerintah Indonesia banyak menerapkan perubahan sistem perpajakan dengan tujuan untuk melindungi industri dalam negeri agar mampu bersaing dengan produk luar negeri dalam hal harga. . Upaya pemerintah untuk menertibkan industri perakitan otomotif di Indonesia adalah dengan mengenakan pajak yang lebih tinggi terhadap Jeep atau SUV, sedan, mesin di atas 2000cc, induksi paksa (turbo dan supercharger) dan penggerak 4 roda.

Hadir Sejak 1970, Ini Deretan Suzuki Jimny Dari Masa Ke Masa

Karena pajak yang tinggi, Suzuki akhirnya memproduksi Suzuki Jimny 2WD dengan memperkenalkan Suzuki Katana pada tahun 1989. Suzuki Katana bisa dikatakan lebih hemat budget untuk Jimny karena tidak memiliki sistem 4WD sehingga pajaknya tidak terlalu mahal. . Selain mengubah Jimny menjadi Jeep yang keren (waktunya membuat Jeep 2WD), Suzuki juga meminta Katana dikerjakan oleh bengkel mobil lokal untuk memangkas biaya. Ada berbagai jenis Suzuki Katana yang diproduksi oleh perusahaan lokal sebagai berikut.

Suzuki Katana tipe ini diproduksi langsung oleh Indomobil, sehingga kualitas body sheet yang digunakan pasti lebih baik dan tidak terlalu banyak dempulnya. Tersedia beberapa muka, mulai dari light box back hingga menggunakan round light, Suzuki Katana terbagi dalam beberapa kategori seperti DX, GX, Blitz. Perbedaan trimnya terletak pada kelengkapannya, misalnya Katana DX menggunakan jok belakang dan Katana GX menggunakan jok depan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca tentang Suzuki Katana SJ410.

Sesuai dengan namanya, Suzuki Katana produksi Adi Putro Body Shop ini memiliki sasis panjang yang hanya memiliki 3 pintu, menjadikannya kendaraan serba guna yang tangguh di jalanan buruk seperti daerah terpencil. Mobil ini dikenal juga dengan nama Katana BRI (Bank Rakyat Indonesia) karena dulunya digunakan sebagai mobil layanan BRI. Dengan sasis dan bodi yang lebih panjang 80 cm dari Katana, sasis yang lebih pendek menambah bobot. Sayangnya mesin yang digunakan masih sama sehingga kurang bertenaga dan meski sudah 4WD tetap saja 2WD.

Katana Corsica merupakan varian Suzuki Katana yang diproduksi oleh Alexander Body Company. Bagi yang belum tahu, Alexander Suzuki ibarat bodywork “istimewa” Suzuki era Carey. Katana Corsica terbagi menjadi 2 versi berbeda yaitu sasis panjang 3 pintu, 5 pintu dan sasis pendek. Keistimewaannya adalah bagian belakang yang sudah terpasang. Untuk varian sasis 5 panjang, pintu penumpang belakang menggunakan jendela model naik turun dengan engkol.

Jimny Jangkrik Tahun 81

Mungkin saja Suzuki Katana yang sangat berbeda dengan beberapa seri bodi Katana di atas. Lampu belakangnya tidak berada di bemper seperti Katana lainnya, melainkan di kanan dan kiri pintu belakang. Posisi backlightnya vertikal dengan bentuk persegi panjang yang lebar. Country Katana juga tersedia dalam sasis pendek dan sasis panjang, meski keduanya hanya memiliki 3 pintu.

Jimny baru ini sudah memasuki generasi ketiga. Mobil tersebut pertama kali ditampilkan di Tokyo Motor Show 1997. Mobil ini mengusung mesin G13BB 4 silinder 1300cc dan bodi yang dimodifikasi total dengan bentuk membulat. Sayangnya mobil ini saat itu belum diperkenalkan di Indonesia menggantikan Suzuki Katana dan Jimny. Sekitar tahun 2017, Indomobil Suzuki resmi meluncurkan mobil tersebut pada GIIAS 2016 di booth Suzuki dan sudah bisa dipesan secara pre-order. Total Jimny JB33 yang terjual Indomobil Suzuki hanya 88 unit. Sebelumnya, Jimny pertama kali dibanderol oleh importir reguler dengan harga Rp 300 hingga 400 jutaan.

Di ajang GIIAS 2018, Indomobile Suzuki akhirnya memperkenalkan Jimny versi baru. Dihadirkan di seluruh dunia pada tahun 2018 untuk model 2019, Jimny baru memiliki boks yang bagus untuk mengingat desain generasi kedua. Kei versi mobil juga menggunakan mesin 660cc, namun yang dipamerkan di ajang GIIAS 2018 adalah Jimny Sierra bermesin K15 yang identik dengan mesin baru Ertiga berkonfigurasi 1500cc 4 silinder. Belum ada kabar rencana penjualan mobil ini di Indonesia dan akan ada versi 2WD seperti Katana lawas.

Harga Mobil Jimny Jangkrik Kanvas

Nah itulah beberapa model Suzuki Jimny dan Katana yang tersedia di Indonesia. Mungkin ada informasi yang salah. Harap perbaiki atau tambahkan ke artikel. Terima kasih telah membaca., JAKARTA – Suzuki Jimny menjadi salah satu model ikonik yang masih dicari para kolektor mobil. Mampu dikendarai dalam kota dan off-road dengan bentuk dan performanya yang unik, mobil ini diperkirakan tidak akan menjadi favorit.

Harga Jimny Lj80 Baru Dan Bekas Rp29.000.000

Suzuki Jimny sendiri sudah eksis sejak tahun 1970-an dan tidak hanya di jalan tanah dan jalan aspal perkotaan saja, namun juga dengan bodinya yang kompak, mesin bertenaga, suku cadang yang mudah dicari. Ya, banyak alasan yang bisa dilontarkan para penggemarnya yang terus membeli atau mempertahankan Jimny lamanya hingga saat ini.

Pada tahun 1968, Suzuki membeli Japanese Hope Motor Company dan memilih kendaraan off-road kecil.

Modifikasi jimny jangkrik kanvas, mobil jimny jangkrik, harga mobil jimny jangkrik, mobil bekas jimny jangkrik, modifikasi mobil jimny jangkrik, harga mobil bekas suzuki jimny jangkrik, harga mobil jimny jangkrik bekas, harga suzuki jimny jangkrik, harga jimny jangkrik kanvas, jimny jangkrik kanvas dijual, jimny jangkrik kanvas, jimny jangkrik harga

Artikel Terkait

Leave a Comment