Jual Beli Mobil Bekas Banjir

Jual Beli Mobil Bekas Banjir – JAKARTA, KOMPAS.com – Saat membeli mobil bekas, sebaiknya berhati-hati agar tidak mengalami kerugian. Terutama unit-unit yang terendam banjir karena kondisinya tidak akan sebaik pada umumnya.

Technical Support Nissan Bintaro Fandi Ahmad menjelaskan kepada Kompas.com, Minggu (5/6/2022), kerusakan saat seseorang membeli mobil yang terendam banjir tidak terlalu lama jika mobil tersebut biasa diperbaiki oleh pemilik sebelumnya.

Jual Beli Mobil Bekas Banjir

Jual Beli Mobil Bekas Banjir

“Kendaraan yang terendam banjir biasanya memerlukan banyak perbaikan, mulai dari mesin, kelistrikan, bahkan suspensi agar dapat digunakan kembali,” kata Fandi.

Cara Sederhana Cek Mobil Bekas Yang Pernah Terkena Banjir

Untuk memperbaiki kendaraan yang rusak akibat banjir dengan baik, kata dia, terkadang seseorang harus mengganti jok kulit yang mewah, mengganti karpet, melapisi ulang, mengganti atap, bahkan mengganti komponen kelistrikan dan masih banyak lagi.

Nah, tingkat kebugaran ini biasanya berbeda-beda pada setiap orang. Selain itu, biaya perbaikan mobil yang terendam banjir tidaklah murah; bahkan harganya bisa sama dengan harga yang baru.

“Mobil yang terendam banjir bisa kembali normal fungsi dan tampilannya, namun membutuhkan biaya yang tidak sedikit tergantung kerusakan yang dialami perangkat tersebut, bahkan ada yang harganya sama dengan harga yang baru,” kata Fandi.

Oleh karena itu, masyarakat biasanya berencana menjual mobil yang kebanjiran dengan cara merestorasinya dengan modal sekecil mungkin. Bagaimana Anda melakukannya?

Cari Mobil Bekas Kena Banjir, Harga Bisa Jauh Lebih Murah

Misalnya saja dengan menutupi cacat pada mobil yang terendam banjir. Misalnya saja barang yang perlu diganti diperbaiki, dibersihkan secukupnya, indikator menunjukkan ada masalah pada mesin mati dan berbagai trik lainnya. Alhasil, kondisi mobil yang terendam banjir memprihatinkan.

Jika dihitung-hitung, masyarakat lebih memilih menjual mobil bekas yang kebanjiran dengan harga murah dibandingkan mengganti suku cadang yang mahal.

ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI Warga menyaksikan proses evakuasi dua mobil yang tersapu banjir di Citengah, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022). Banjir bandang akibat meluapnya Sungai Cihonje akibat hujan deras pada Rabu sore (5/4/2022) menyebabkan puluhan rumah warga terdampak, dua kendaraan hanyut dan satu korban masih dalam pencarian.

Jual Beli Mobil Bekas Banjir

Jadi secara keseluruhan, kekurangan membeli mobil yang kebanjiran adalah harus rela menerima kesempurnaan dan mahalnya biaya untuk mengembalikan performa mobil seperti semula. Jadi berhati-hatilah saat memilih mobil bekas.

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pilihan Kendaraan Terbaik

Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini dari Kompas.com setiap hari. Gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate dan gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Hasil sensus sementara Pemilu DPR 2024 Data KPU 1, 79 persen: PDI-P 17, 85 persen, Golkar 12, 95 persen, Gerindra 11, 94 persen. uang terbatas. Bahkan mungkin saja Anda bisa mendapatkan mobil mewah berperalatan lengkap dengan harga yang sama dengan mobil baru dengan perlengkapan rata-rata.

Namun banyak dealer mobil bekas yang terkadang menutupi cacat pada kendaraannya. Mulai dari kerusakan parah pada mobil, kendaraan yang mengalami kecelakaan atau mobil yang terendam air. Jika hal ini terjadi, pembeli pasti akan rugi karena harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya perbaikan.

Banyak dealer mobil bekas yang mengklaim produknya bukan mobil banjir. Bahkan ada tanda-tanda mobil terendam banjir. Tidak perlu memanggil mekanik atau ahli berpengalaman karena orang awam pun jelas bisa mendeteksinya.

Awas Tertipu! Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Bekas

Salah satu hal yang paling mudah dikenali dari mobil yang kebanjiran adalah baunya. Mobil yang terendam banjir biasanya memiliki bau apek, lembab, dan bau yang mengganggu jika dicium.

Bau ini biasanya Anda cium saat pertama kali membuka pintu mobil. Bau ini terkadang sulit dihilangkan. Pasalnya beberapa bagian mobil masih lembab.

Ciri lain yang mudah ditemukan pada mobil yang terkena banjir adalah karat. Karat yang muncul biasanya merupakan tanda mobil sudah lama terkena air. Anda patut curiga jika usia mobil masih terbilang muda namun sudah menunjukkan karat.

Jual Beli Mobil Bekas Banjir

Karat ini biasanya sangat mudah dikenali. Caranya adalah dengan membuka alas alas untuk melihat kondisi lantai kabin, melihat karet antar pintu atau bagasi, atau bisa juga melihat engsel pintu mobil. Karat ini juga lebih mudah ditemukan pada baut mobil karena part tersebut walaupun sudah dibersihkan namun jarang diganti.

Bagaimana Cara Identifikasi Mobil Bekas Terendam Banjir?

Dealer penipu yang menjual mobil bekas saat berada di bawah air biasanya mematok harga lebih murah dari harga pasaran mobil tersebut. Tujuannya agar mobil menarik dan cepat dibeli konsumen. Anda patut curiga dengan harga murah yang ditawarkan dealer tersebut.

Misalnya saja harga pasaran mobil dengan tahun produksi, tipe dan model yang sama dijual kurang lebih Rp 180 jutaan. Namun ada diler yang menjual dengan harga Rp 130 juta atau Rp 140 juta. Sebaiknya jangan tergoda untuk langsung membeli. Lakukan riset secara menyeluruh agar tidak terjebak membeli mobil bekas saat banjir.

Mesin mobil yang kebanjiran oli biasanya berwarna coklat. Sebab, air sudah masuk ke ruang mesin. Jika hal ini terjadi dan mobil harus dikendarai, dapat menyebabkan kerusakan serius pada ruang mesin, terutama piston.

Jadi ketika memeriksa mobil sebelum membelinya, usahakan memeriksanya dengan membuka tutup oli mesin. Periksa dengan dipstick apakah oli mesin berwarna coklat atau masih normal. Jika warnanya coklat susu dan cenderung encer, tandanya minyak sudah bercampur dengan air bekas banjir.

Mobil Bekas Kena Imbas Diskon Mobil Baru

Salah satu tanda yang bisa Anda lihat pada mobil yang terkena banjir adalah masalah kelistrikan. Mobil memiliki banyak perangkat elektronik. Saat terendam air banjir, biasanya barang elektronik akan mengalami masalah atau bahkan rusak.

Saat meneliti mobil bekas yang Anda inginkan, cobalah semua sistem elektronik mobil tersebut. Seperti sistem audio, penerangan, wiper kaca depan, dll. Bahkan memperhatikan komponen elektroniknya. Apakah terdapat bintik atau noda karat pada bola lampu, sambungan aki, kotak sekring, relai, dll.

Ia berkecimpung di dunia jurnalistik otomotif sejak 2009, berdasarkan hobinya: memodifikasi mobil. Terlebih lagi, perbedaan fitur pada setiap kendaraan yang diproduksi oleh masing-masing pabrikan membuat dunia otomotif terpesona hingga saat ini. Konsumen yang ingin segera mencari dan membeli mobil di pasar ini diimbau ekstra hati-hati.

Jual Beli Mobil Bekas Banjir

Pasalnya, seperti disampaikan General Manager Pameran Mobil WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, mobil yang terendam banjir sangat sulit kembali ke posisi semula. Kerusakannya juga biasanya tidak terlihat dengan mata telanjang, berbeda dengan mobil yang pernah mengalami kecelakaan.

Bahaya Mobil Bekas Banjir

“Tentu saja mobil yang terendam air tidak akan kembali 100 persen seperti semula. Akan ada hal-hal yang tidak lagi berfungsi seperti biasanya. Anda akan melihatnya lagi setelah tiga bulan pemakaian, seperti kerusakan dll.” katanya ketika ditanya.

DAN SUSANTO/KOMPAS Akibat banjir Sungai Ciliwung, jalur di Jalan KH Abdullah Syafiie, Tebet, Jakarta Selatan ditutup pada Senin (13/1/2014). Banjir sungai mulai merambah kawasan pemukiman dan menutup jalan sejak Senin pagi.

“Lebih sulit mengidentifikasi mobil yang terendam banjir dibandingkan mobil yang mengalami kecelakaan karena seringkali tidak terlihat dengan mata telanjang.” lanjut Herjanto.

Pada mobil yang pernah mengalami kecelakaan, rata-rata kerusakannya ada pada bagian luarnya. Sedangkan masalah mobil yang kebanjiran bisa terjadi pada mesin dan komponen kelistrikannya.

Otospector Berikan Tips Membeli Mobil Bekas, Perhatikan Garansinya

Oleh karena itu, Herjanto mengimbau konsumen berhati-hati dalam membeli mobil bekas, apalagi dalam waktu dekat. Jangan tergiur dengan harga yang lebih murah, apalagi jika mobil tersebut masuk di segmen premium.

“Penurunan harga jual mobil yang kebanjiran cukup besar, hingga 50 persen dari harga pasaran, apalagi jika sudah mengadopsi sistem tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini dari Kompas.com setiap hari. Gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate dan gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Jual Beli Mobil Bekas Banjir

Hasil sensus sementara data pemilu parlemen 2024 KPU 1,79 persen: PDI-P 17,85 persen, Golkar 12,95 persen, Gerindra 11,94 persen. . Namun, jangan takut untuk membeli mobil bekas jika terjadi banjir, mumpung…

Mana Yang Lebih Baik, Beli Mobil Bekas Banjir Atau Bekas Tabrakan?

Banjir yang terjadi di berbagai pelosok tanah air menyisakan duka tersendiri bagi para pemilik mobil. Tak hanya biaya perbaikannya yang bisa sangat mahal. Namun jika ingin menjual mobil bekas yang terendam air akan sangat sulit dan harga jualnya pun sering anjlok. Namun Anda sebenarnya tidak perlu khawatir atau bahkan takut membeli mobil bekas saat banjir, asalkan memenuhi tiga kriteria di bawah ini:

Penting untuk memastikan bahwa air dan lumpur yang meresap ke dalam mobil dibersihkan secara menyeluruh. Caranya dengan membuang seluruh bagian yang terkena banjir dan membersihkannya dengan air bersih atau penyedot debu, terutama bagian dalam. “Salonnya harus bagus supaya tidak bau apek. Apalagi joknya berbahan kulit asli,” kata Kuntarto Rahmat, ketua bengkel Goebuk Tune Up di Kecamatan Bintara, Bekasi.

Sebaiknya seluruh bagian mobil dilepas dan dibersihkan. Tentu saja memakan waktu yang lama karena tidak mudah untuk membuka beberapa part yang dipasang pabrikan dengan full press. “Kalau semuanya baik-baik saja, tidak masalah, kawan,” kata Hardy dari Top Setup Kustom Garage, bengkel khusus Honda yang berlokasi di Taman Meruya Plaza, Blok e14 No. 26.

Inilah penyebab munculnya bau tidak sedap pada mobil yang sebelumnya terendam banjir. Saat memperbaiki mobil yang kebanjiran, pekerja bengkel biasanya tidak mengeringkan karpet dan bagian bawah mobil secara menyeluruh. Perbaikan interior jauh lebih sulit dibandingkan perbaikan mekanis, apalagi mobil Eropa biasanya memiliki karpet dasar dan busa tebal. Selain menyedot debu, menjemur di bawah sinar matahari juga merupakan ide bagus.

Tertipu Beli Mobil Bekas Pernah Kena Banjir, Penjual Bisa Disomasi Dan Digugat!

Kerusakan menjadi alasan utama mengapa tidak disarankan membeli mobil yang terendam banjir

Cara mengetahui mobil bekas banjir, ciri mobil bekas banjir, lelang mobil bekas banjir jakarta, beli mobil bekas banjir, mobil bekas banjir dijual murah, mobil bekas banjir, mobil murah bekas banjir, jual mobil bekas banjir, jual beli mobil bekas banjir jakarta, cek mobil bekas banjir, harga mobil bekas banjir, cara cek mobil bekas banjir

Artikel Terkait

Leave a Comment